Minggu, 10 November 2013

Bahasa Indonesia 2 - Tugas 2

Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa aspek, yaitu :

a.       Topik yang menarik
b.      Mudah dipahami oleh pembaca
Jawab :
a.       Topik yang menarik
Topik (bahasa Yunani : topoi) adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan. Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas. Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis. Ciri utama dari topik adalah cakupannya atas suatu permasalahan masih bersifat umum dan belum diuraikan secara lebih mendetail. 
Topik biasa terdiri dari satu dua kata yang singkat, dan memiliki persamaan serta perbedaan dengan tema karangan. Persamaannya adalah baik topik maupun tema keduanya sama - sama dapat dijadikan sebagai judul karangan. Sedangkan, perbedaannya ialah topik masih mengandung hal yang umum, sementara tema akan lebih spesifik dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan. 
Menurut saya topik yang menarik adalah topik yang mampu menarik perhatian pembaca dan mampu menggali rasa ingin tahu yang besar bagi pembaca.
b.      Mudah dipahami oleh pembaca

Menurut saya mudah dipahami oleh pembaca artinya topik yang digunakan tidak terlalu panjang dan tidak terlalu baku akan tetapi mudah di pahami oleh pembaca. 

Referensi : 

http://rahmanarruworlds.blogspot.com/2013/04/kualitas-karya-tulis-ditentukan-oleh.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar